Minggu, 20 Desember 2015

VIDEO - Masya Allah, Ternyata Jantung Masih Bisa Berdetak Meski di Luar Tubuh


Sungguh luar biasa semua hal yang diciptakan oleh Allah SWT. Meski terkadang hal tersebut di luar penalaran manusia. Simak video berikut:


Secara akal manusia, mustahil jantung yang berada di luar tubuh tanpa ada jaringan urat saraf yang tersambung akan berfungsi. Tapi di video tersebut jantung bisa berdetak ketika dialiri darah dari sebuah mesin sirkulasi darah. Tanpa baterai atau bahan bakar untuk menggerakan, ternyata jantung memang bisa berdetak.

Menurut keterangan dari para ilmuwan, detak jantung ditimbulkan oleh jantung itu sendiri dan jelas bukan bersandar pada bagian tubuh lainnya. Bahkan, jantung bisa berdetak ketika diberi cairan yang hangat dan mengandung oksigen. Masya Allah, betapa sempurna ciptaan Allah SWT.

Apakah kerja jantung tak ada hubungannya dengan urat syaraf? Tentu berhubungan dan hubungan tersebut tidak sesederhana yang kita pikirkan! Titik debar jantung membangkitkan impuls dengan irama yang tetap. Tapi, kapankah jantung perlu berdetak lebih cepat dan kapan pula perlu berdetak agak lambat sedikit, kesemuanya itu bergantung pada pengaturan urat syaraf.

Urat syaraf yang terhubung di bagian jantung adalah saraf kelana (nervus vagus) dan saraf simpatik (nervus sympathicus). Rangsangan pada saraf akan berpengaruh pada titik debar.

Jika rangsangan terjadi pada saraf kelana akan menjadikan jumlah detakan jantung melambat. Sedangkan rangsangan pada saraf simpatik dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat.

Contohnya, ketika kita sedang tidur detak jantung selalu melambat, sedangkan pada saat bekerja berat atau melakukan kegiatan yang menguras emosi, detak jantung pasti akan menjadi cepat. Itulah penjelasan dan bukti bahwa detak jantung selalu diatur oleh urat saraf.

Sumber : surabaya.tribunnews.com

0 komentar

Posting Komentar