Senin, 25 Januari 2016

INILAH TIPS MENGATASI KAKI BEBEK

Kaki bebek adalah kondisi dimana bentuk kaki datar dan tidak ada lengkungan pada telapak kaki. Sering disebut sebagai pes planus atau fallen arches. Biasanya telapak kaki org tersebut akan langsung menempel ke tanah tanpa ada sela. Kaki datar atau flat feet ini juga terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Kaki datar/flat feet

Jenis kaki datar ini adalah yg umum terjadi pd manusia. Menurut sebuah penelitian, sekitar 20%-30% org dari seluruh dunia mengalami bentuk kaki datar jenis ini. Ciri-cirinya adalah saat org tersebut berdiri atau sedang mengangkat beban, maka telapak kakinya akan terlihat datar. Namun saat org tersebut mengangkat ibu jari kakinya atau sering disebut berjinjit, maka lengkungannya akan muncul atau terlihat kembali. Hal ini disebabkan ligamen kaki yg terlalu lemah.

2. Kaki datar yg kaku/Rigid flat feet

Bentuk kaki ini jarang ditemui dan kasusnya termasuk sangat langka. Bentuk kaki jenis ini perpaduan kaki datar dgn penyakit Rheumatik. Ciri-cirinya adalah telapak kaki orang tersebut tdk memiliki lengkungan sama sekali. Bentuk ini tidaklah normal. Karena akan menimbulkan cedera kaki yg serius. Biasanya orang yg memiliki bentuk kaki seperti ini akan merasakan nyeri saat berjalan.

Kelainan bentuk ini juga dapat menyebabkan bentuk tubuh yang tak seimbang.

Berbahayakah bila memiliki bentuk kaki tersebut di atas? Lalu bagaimanakah tips mengatasi kaki bebek yg telah dibahas tadi? Berbeda bentuk, beda pula cara menanganinya serta merawatnya. Biasanya untuk kaki datar yg kaku akan diatasi dgn pembedahan yg dilakukan oleh ahli medis. Sedangkan untuk kaki datar yg umum, bisa dikonsultasikan ke ahli medis tentang cara-cara pelatihan otot-otot kaki yg dpt membantu memperkuat kinerja otot. Selain itu juga Anda dapat melakukan penurunan berat badan agar beban pada telapak kaki tidaklah besar. Hindari juga mengangkat beban yg berlebihan. Biasanya para ahli medis akan menyarankan utk melakukan rehabilitasi. Selain itu juga Anda akan diberikan alas kaki korektif yang akan membantu telapak kaki Anda menyesuaikan ke bentuk normal. Ahli medis juga dapat saja memberikan Anda obat anti peradangan. Dan yang satu lagi adalah terapi orthotic. Terapi orthotic adalah cetakan kaki yang dibuat tanpa beban, yang dirancang untuk menyelaraskan atau menyeimbangkan gerakan tubuh bagian bawah agar terhindar dari kinerja otot kaki yg tak seimbang. Dimana ada sebagian otot yg dipaksa bekerja dan ada sebagian otot yg tak bekerja.

Demikianlah artikel tentang tips mengatasi kaki bebek yg semoga saja dpt membantu Anda dan dpt bermanfaat bagi Anda serta dpt menambah wawasan Anda.Sebaiknya kunjungi ahli medis utk keterangan lebih lengkap dan jelas tentang Apa yg harus Anda lakukan? Hindari melakukan aktivitas yg beresiko menyebabkan cedera pada kaki Anda. Lakukan jenis olahraga yg ringan saja, jangan yg berat-berat. 
semoga bermanfaat ya, silahkan share...

Sumber: http://www.cara-obat.com/2016/01/tips-mengatasi-kaki-bebek.html

0 komentar

Posting Komentar