Senin, 09 Mei 2016

CATAT...!!! SYARAT UTAMA JADI PESERTA PLPG SERTIFIKASI GURU TAHUN 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Pagi

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa semua peserta sertifikasi guru Tahun 2016 ini akan diarahkan untuk mengikut PLPG yang dibiayai oleh Pemerintah, namun tidak semua guru bisa lolos untuk mengikuti PLPG dikarenakan kuota yang terbatas.

Sebanyak 815 guru yang mendaftar sertifikasi guru pada 12-15 April lalu, tak semua lolos seleksi. Hanya 509 guru yang mempunyai nilai di atas passing grade 5,5. Selain itu, tahun ini ditambah 10 guru yang mengikuti sertifikasi ulang sejak 4-9 Mei nanti.


Kepala Sub Bagian Kepegawaian Disdik Balikpapan Prapto Budi S mengatakan, sertifikasi ulang diadakan karena ada guru bersertifikasi yang mempunyai mata pelajaran yang tidak linier. Yakni, mengajar mata pelajaran yang sama hingga saat ini, namun di rekam datanya dengan kode mata pelajaran berbeda.

"Paling banyak guru SMK. Itu karena imbas Kurikulum 2013. Jadi banyak mata pelajaran yang dihapus dan kode mata pelajaran yang diganti nama tersebut jadi berubah," kata Prapto.

Adapun mata pelajaran itu yakni keterampilan, kewirausahaan, dan teknik. Kesempatan kedua untuk mendapat sertifikasi diberikan agar mendapat uang tunjangan yang selama ini tidak didapatkan sejak diberlakukannya sistem online.

"Syaratnya bagi yang sertifikasi ulang juga mudah. Tidak perlu nilai UKG (Uji Kompetensi Guru) karena semua guru yang mengulang sudah pernah sertifikasi pada 2005 ke atas," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, bagi 509 guru yang lolos seleksi pendaftaran di Disdik Balikpapan, juga bakal disaring lagi untuk mendapat kesempatan sertifikasi pada Juli mendatang.


"Nanti bila lolos baru bisa mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) di lima universitas yang tersebar di seluruh Indonesia," ujarnya.
(Sumber : prokal.co)

Demikian berita seputar PLPG sertifikasi guru Tahun 2016 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

0 komentar

Posting Komentar