Senin, 11 April 2016

MENDIKBUD : PROGRAM SERTIFIKASI GURU TETAP DIBIAYAI PEMERINTAH

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Malam

Berita seputar program sertifikasi guru kembali kami perbaharui dan kami bagikan secara terupdate kepada rekan pengunjung khususnya rekan-rekan guru diseluruh satuan pendidikan di tanah air. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa untuk tahun 2016 ini, sertifikasi tidak lagi gratis alias dibiayai sendiri oleh para guru, namun kebijakan ini masih menuai protes karena dinilai memberatkan guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan program sertifikasi guru melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tetap berlanjut dan dibiayai oleh pemerintah.


"Pemerintah tetap melanjutkan upaya sertifikasi guru dengan tetap memberikan bantuan dana bagi guru untuk mengikuti program sertifikasi melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, mengutip siaran pers Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud yang dirilis hari ini (Senin, 11/4).


Anies melanjutkan, program sertifikasi ini terbuka untuk semua guru dalam jabatan yang diangkat hingga 2005, termasuk dalam periode 2006-2015 yang belum memiliki sertifikat pendidik. 

Bagi guru yang ingin mendapatkan sertifikat pendidik dibebaskan untuk memilih program sertifikasi yang diselenggarakan oleh LPTK seperti PLPG atau Sertifikasi Guru melalui Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG). 

Pemerintah melaksanakan beberapa upaya khusus untuk menuntaskan program sertifikasi guru melalui portofolio serta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang sudah dilaksanakan untuk 1.638.240 guru selama ini. 

"Dari seluruh upaya ini masih terdapat guru yang belum tersertifikasi, yakni 555.467 guru, yang terdiri atas 116.770 guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan 2005 dan 438.697 guru yang diangkat dalam periode 2006-2015. Semua yang memenuhi syarat akan diarahkan untuk mengikuti PLPG," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata.

Demikian berita seputarv sertifikasi guru yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Untuk info terbaru lainya, silakan kunjungi laman DISINI

0 komentar

Posting Komentar